balikpapan

Wisata Hits Dan Kuliner Di Balikpapan

Liburan ke Balikpapan yuk. Menikmati tempat- tempat wisata seru yang sangat menarik hati. Pantai yang membentang dengan lautan luas yang kaya akan hasil laut.

Hutan-hutan lindung hijau serta hutan Mangrove yang akan memanjakan mata tak lupa wisata kulinernya yang tiada duanya. Sebut aja kalian mau apa? Pasti semua ada.

Selain kaya wisata alam, Balikpapan juga punya beberapa Mall besar yang super lengkap. Jadi nggak perlu takut yang kalian butuhkan tidak ada di Balikpapan. Sstt Balikpapan nggak melulu hutan kog.

Sebut saja Balikpapan Super Block, Plaza Balikpapan, Balcony, Mall Fantasy, Transmart, Living Plaza, Giant Mt haryono, Lotte Mart, Plaza Bunsay. Dan ya, Kalian pasti geleng-geleng kepala kan, tempat sekecil ini banyak banget mall nya.

Berkunjung ke kota Balikpapan ini yang paling penting kalian bawa adalah uang. Karena harga-harga makanan, tempat wisata, transportasi serta hotel bisa dibilang lebih mahal daripada kota-kota lain di Indonesia.

Tapi kalau kalian hanya mempunyai budget pas-pasan sebagai backpacker juga nggak apa-apa kog. Banyak tempat wisata yang masuknya free serta makanan murah dan enak tersedia disini.

Angkot sekali jalan hanya Rp 5.000, tapi terkadang untuk pergi ke suatu tempat nggak bisa dijangkau 1 kali angkot, harus pindah 2 kali. Tapi kan sekarang ada ojek online yang lumayan hemat di kantong. Sementara penginapan/homestay berkisar Rp 100.000 dan hotel antara Rp 350.000 – Rp 500.000 per malam.

Jadi tinggal kalian aja deh, mau liburan kelas premium atau yang ekonomis. Semua pilihan ada di tangan kalian gaes.

Oke nggak banyak basa-basi deh, hyuks simak tempat- tempat wisata seru yang ada di Balikpapan.

1. Wisata pantai

Balikpapan ini ratunya pantai. Banyak Kawasan wisata pantai mulai yang free, berbayar sedikit hingga yang premium. Beberapa ada juga café serta resto yang menyediakan wisata pantai sebagai daya tarik bagi pelanggannya. Nah tinggal pilih yang mana pantai yang gratis, berbayar atau pantai yang bisa sekalian pengisi perut yang lapar?

  • Pantai Lamaru

Termasuk pantai premium yang paling mahal di Balikpapan. Perorang harga tiket masuknya Rp 50.000. Tapi harga tiketnya terbayar dengan keindahan pantainya. Dijamin nggak menyesal deh. Pohon cemara melambai sepanjang jalan, berasa kaya sedang di korea deh, ingat drakor populer Winter Sonata? Rasanya seperti sedang berada di Nami Islandnya Balikpapan.

  • Pantai kemala

Pantai yang berada tepat di tengah kota. Harga tiket masuknya hanya Rp 5.000. bebas seharian main disana. Pas lapar ada banyak makanan yang bisa kita beli. Sebenarnya pantai kemala ini sebelumnya terkenal karena makanannya. Oh ya harga makanannya termasuk standart, nggak terlalu mahal juga kog tapi kita sudah mendapatkan pemandangan indah pantai. Mau main-main di pasir putihnya pun bisa banget.

  • Pantai melawai

Melawai biasa sangat rame pada malam minggu serta malam kamis. Anak-anak muda Balikpapan mengenalnya sebagai rabu gaul. Kalian belum ke Balikpapan kalau belum menikmati malam di melawai. Sepanjang pantai melawai kita akan menemukan penjaja makanan maupun lesehan yang menjual aneka jagung bakar, es, bakso serta makanan lainnya.

  • Pantai Manggar Segara Sari

Pantai Manggar Segara Sari merupakan pantai yang sedang berbenah besar-besaran. Banyak spot-spot cantik yang sangat instagramable disana. Harga tiket masuknya hanya Rp 25.000 per orang. Tapi mendapatkan pemandangan yang luar biasa indah.

2. Wisata hutan mangrove

Wisata hutan mangrove yang terkenal ada 3 tempat di Balikpapan ini. Mulai hutan Manggrove di MargoMulyo, Hutan Manggrove Center Graha Indah, hutan Manggrove Margasari. Ketiganya menjadi tujuan wisata alami yang menyenangkan. Menaiki kapal kecil menyusuri wilayah hutan bakau yang bakal menyejukan mata. Kalau beruntung kita bisa menemukan bekantan (kera kecil berhidung panjang) yang sedang bermain-main.

3.Kebun Raya Balikpapan

Kebun Raya Balikpapan merupakan salah satu wisata hutan yang ada di Balikpapan. Letaknya di km 15 membuat kebun raya ini sering menjadi tempat wisata untuk melepaskan penat hiruk pikuknya kota. Suasananya masih sangat hijau, tenang dan sangat indah membuat kalian pasti betah berlama-lama disini. Ada banyak gazebo-gazebo yang bisa pakai buat bersama keluarga. Masuk kesini masih gratis lho begitu juga parkirnya. kita hanya dimintai mengisi buku tamu. Kecuali kita datang untuk family gathering atau mengadakan acara kita akan dimintai uang kebersihan antara Rp50.000 – Rp 100.000

4.Wisata kuliner

Berlibur ke Balikpapan rasanya kurang lengkap kalau kita mencicipi kuliner yang sangat fenomenal disini. Sebut saja ikon kuliner yang sangat trending di Balikpapan yang bisa kalian jadikan refensi kalau sedang berkunjung ke Balikpapan.

  • Kepiting Dandito Gunung Bakaran. Sepinggan.

Beneran deh kalian akan merasa rugi kalau berkunjung ke Balikpapan tanpa merasakan kepiting olahan Dandito ini. Ada kepiting soka yang sangat fenomenal dan wajib kalian coba.

  • Soto banjar Queen Abdu Di Gunung sari

Malam-malam pasti kalian membutuhkan sesuatu yang hangat-hangat bukan? Nah tepat kalian bisa datang ke Kawasan Gunung sari. Mulai dari bubur ayam Samarinda, Coto makasar, konro, rawon dan soto Banjar Queen Abdu.

  • Coto Makasar Klandasan

Di wilayah Klandasan, sepanjang jalan kita akan menemukan kedai-kedai yang berjualan coto makasar. Ownernya ada 2 yaitu Haji kasim dan H junding.

Terserah pilihan kalian saja. Kalau mau kuahnya agak kental bisa memilih yang H kasim begitu juga sebaliknya. Makan coto makasar disini ini seru, selain bisa menikmati hembusan angun serta deburan ombak yang memecah pantai terkadang kita bisa mendengarkan lagi-lagu dari pengamen. Lagunya lumayan merdu, menambah romantis suasana. Cukup berikan Rp 2.000-Rp 5.000 kita sudah bisa mendengarkan live music yang indah.

Leave a Reply

css.php
Skip to toolbar